Senin, 25 November 2019

Menambah Efek Warna pada Torch Minecraft PE

Halo Teman-teman!
Pada artikel ini, kita akan membahas tentang menambah warna pada torch menggunakan shader MCPE.


Download Shader Original Minecraft PE versi 1.14 : https://www.mediafire.com/file/12nn3jiovlnlbdd

Langsung aja, teman-teman buka file renderchunk.fragment di folder resource_packs > Nama folder shader > shaders > glsl.

Nah, kalian cari kode #ifdef FOG. Di atas kode tersebut kita buat kode baru. Yaitu:

vec3 torch = vec3( red, green, blue ) * uv1.x;
diffuse.rgb += torch;


 Bagian red, green dan blue bisa diubah dengan warna yang kalian inginkan. Misalnya vec3( .3, .1, -.05 ); 
Nah, artinya nilai merah = 0.3, nilai hijau = 0.1 dan nilai biru = -0.05.
Perlu kalian ketahui, dalam perwarnaan di dalam shader minecraft PE hanya menggunakan angka 0.0 sampai 1.0. 
Itu artinya, jika kalian menggunakan Color Picker untuk menambah warna maka kalian harus membaginya dengan 255.0 ( Jika nilai maksimalnya 255 ). Contoh, saya ingin menggunakan warna orange yang saya ambil dari  color picker. Maka saya akan mendapatkan angka RGB 255, 150, 0
Untuk mengubah angka tersebut menjadi tidak lebih dari 1, maka kalian harus membaginya dengan 255 dan angka tersebut harus bernilai desimal. Contoh: 255, 150, 0 menjadi 255.0/255.0, 150.0/255.0, 0.0/255.0

Nah, angka yang telah dibagi 255 tersebut nanti kalian tulis ke kode shadernya menjadi:

vec3 torch = vec3( 255.0/255.0, 150.0/255.0, 0.0/255.0 ) * uv1.x;
diffuse.rgb += torch;

Dan variabel uv1.x adalah detektor cahaya dari blok seperti torch, sea lantern, dll.


Cukup mudah kan? Saya rasa ini mudah untuk tahap awal pembelajaran pembuatan Shader MCPE.

Saya rasa untuk artikel kali ini cukup sampai di sini, dan Good Luck 😁.

27 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Bang gimana cara buat Player shadow

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. sorry, Pio Diamond can only speak Indonesian

      Hapus
  4. Eu queria o código que tira tipo a saturação da torch aí fica ruim

    BalasHapus
  5. gan gmn cara supaya torch ny gk bercahaya saat pagi, sy minta tolong sangat ni wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. Kok aku gak berhasil bang padahal kodenya aku sudah samain

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Atau klo bisa pakai apl namanya Rgb

    BalasHapus
  9. kalo bagi yang merasa warna torchnya terlalu over bisa gunain kode ini saya coba-coba juga sebenarnya hehe silahkan cek dibawah :

    Warna torch
    float w_t = vec3( 143., 85.,-12 ); Warnanya terserah kalian sih yg w_t nya itu nanti ditulis seperti di bawah
    diffuse.rgb += w_t * max( 0.0, uv1.x- 0.3 );

    jadi saya jelaskan angka 0.0 agar world tidak berwarna kalo kalian ingin ada warnanya silahkan tapi jangan lebih dari angka 1.0 ya karena worldnya akan seperti warna yang kalian masukin
    lalu angka pada uv1.x-0.3 nah ini yang mengurangi light warna torchnya bro tapi jangan lebih dari 0.8 soalnya warnanya ga keliatan temen-temen ya semoga paham kalau ga paham mungkin bang pio diamond paham ya😁😁 ok sekian saya dari saya hanya share saja kode saya yang saya bikin walau pertama kali coba bug terus ya namanya juga belajar. Bay bay sampai jumpa lagi







    saya tau karena saya bikin shader juga
    mau tau shaders apa yang saya buat cek channel youtube Farell Gaming YT yang berminat silahkan subcribe saya juga lagi bikin shaders Vanilla yang enteng tapi gada code air ya nunggu bang pio update code air aja semoga cepet ya tutorial bikin refleksi airnya amin..
    .

    BalasHapus
  10. Itu mah simple yg susah tuh membuat efek bloom di torch.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Kalo mo atur lebar cahayanya gimana bang?

    BalasHapus
  13. Up:v

    nih,kode lightning yg cukup simple:

    dibawah void main,diatas #ifdef FOG:

    diffuse = diffuse+vec4(r,g,b,a)*pow(uv1.x*1.3,5.0);

    Penjelasan:
    1.R,G,B,A itu adalah merah,hijau,biru,dan nilai transpran warna.
    2.angka 1.3 dan 5.0 utk distance dan brightness.
    3.diffuse bisa di ubah ke diffuse.rgb asalkan vec4 diubah ke vec3 dan nilai transparan warna dihapus.
    4.Klo pengen kedap-kedip tinggal di kali dengan sin(TIME*nilai).
    Asalkan udah ada uniform highp float TIME atau menyertakan file uniformPerFrameConstans.h"
    A: "bang gimana menyertakan file nya?"
    B: "tulis #include "uniformPerFrameConstans.h"di atas void main,diatas include yg lain.
    Note:
    jika sudah menyertakan file,maka tulisan uniform highp float TIME gak usah ditulis.
    5.Yang asli ada badaknya:v

    Fb: zensky

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara kelap kelip tapi color nya nggak sampai 0 gimana?

      Hapus
  14. Up:v
    Numpang Iklan:V
    btw,yok ikut gabung di grup fb:
    - Minecraft Indonational
    - M.S.E. Official Group(Minecraft Shader Education Official Group)

    ikut gabung di 2 grup facebook diatas untuk bisa belajar lebih banyak tentang shader Minecraft.

    note:
    kalo si pio diamond mau ikut gabung juga,gak apa apa:v

    my fb: zensky(ProNoob Coder)

    BalasHapus
  15. bang cara ngurangin radius cahayanya gimana bang? sama ngurangin kecerahannya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. // Pake Kode Ini Aja
      diffuse.rgb += diffuse.rgb*(vec3(1.,0.576,0.157)*1.4)*pow(uv1.x*1.1,9.0);

      // Yang vec3(1.,0.576,0.157) itu warnanya jadi gw pake hex codenya dulu baru convert ke glsl atau hex to glsl

      // Yang 1.4 Itu Penerangan

      // Yang 9.0 Itu Radiusnya, Semakin Besar Maka Radiusnya semakin kecil, Semakin Kecil Maka Radiusnya semakin Besar

      Info Ya Banh

      Hapus
  16. Bang kok lama gk upload videonya😭😭🥺🥺

    BalasHapus