Halo teman-teman! Ini postingan pertama pada blog ini untuk membahas shader.
Nah, kita mulai dulu nih dengan pengenalan file-file shader yang ada di Minecraft PE.
Silakan download dulu shader vanilla (Shader original Minecraft v1.13) di sini.
Untuk Minecraft versi lama, nanti akan saya bahas bagaimana cara pengambilan file shadernya.
Nah, setelah kalian download shader yang saya sebut di atas. Silakan ekstrak ke folder Internal storage > games > com.mojang > resource_packs. Setelah di ekstrak, silakan buka folder ShaderTest > shaders > glsl. Di dalam file shader vanilla/Original MCPE yang saya bagikan di atas, ada beberapa file shader.
Dari beberapa file tersebut beberapa file shader itu berfungsi sebagai:
- renderchunk.fragment, berfungsi sebagai pewarnaan blok pada overworld, nether, maupun the end.
- renderchunk.vertex, berfungsi sebagai posisi, gerak, peletakan blok.
- sky.fragment, mengatur warna langit
- entity.fragment, berfungsi sebagai pewarnaan entity seperti sapi, chest, villager, dan lain-lain.
- entity.vertex, berfungsi sebagai posisi dari pewarnaan entity tersebut.
Untuk file-file yang lain, mungkin akan kita bahas di artikel lain. Mudahan teman-teman jadi lebih paham hal dasar dari pengenalan file-file dasar shader MCPE.
Dan terimakasih sudah berkunjung. See you next time.
Bagus bang, artikel yang lain dong
BalasHapusSiip :D
HapusBang saya mau tanya kalo banner.fragment sama banner.vertex gunanya apa ya
HapusKeren bang ! Lanjutin lagi !
BalasHapusBang pake ini buat bikin awan yang bagus
BalasHapusNamanya FRACTAL_BROWNIAN_MOTION
float fbm(vec2 x) {
float v = 0.0;
float a = 0.5;
vec2 shift = vec2(100);
// Rotate to reduce axial bias
mat2 rot = mat2(cos(0.5), sin(0.5), -sin(0.5), cos(0.50));
for (int i = 0; i < NUM_OCTAVES; ++i) {
v += a * noise(x);
x = rot * x * 2.0 + shift;
a *= 0.5;
}
return v;
}
Itu di taroh di dalem void main apa bukan?
HapusItu nyolong dari shadertoy.com
HapusBukan, itu dari github, noise algorithm
HapusItu code nya taruh di mana?
HapusDi fragment
Hapusdi tulis gini dulu ya?
HapusFRACTAL_BROWNIAN_MOTION
abis itu kode nya? atau gausah kasih itu, jadi langsung kodenya?
Itu nama kodenya fractal brownian motion, terserah kamu tulis awan/fbm/dll.., yang penting tulis kode tadi di atas void main, cara makenya float nama = fbm(posisi(varying dari vertex)).xz);
HapusTinggal kamu sendiri mau make gimana
Oh iya, cara make NUM_OCTAVES itu kaya gini :
Hapus#define NUM_OCTAVES 5 [Terserah mau nyampe berapa]
(atau kamu ganti aja NUM_OCTAVES nya sama angka, jangan pake titik)
Untuk noisenya kamu cari aja di shadertoy atau github, pasti kan untuk milih yang 2D(vec2)
gimana kmu bisa tau code(value) waktu malam dan siang?
BalasHapusdan kok kmu bisa tau kode yg bagian hujan?
Pelajarin dari shader orang lain
HapusDibagian hujan menggunakan:
Hapus#ifdef FOG
Masukin efek hujanmu
#endif
dan juga
if(FOG_CONTROL.x < 0.55 && FOG_CONTROL.x > 0.1){
masukin kode efek hujanmu
}
tolong dibuatin tutorial shader di youtube biar lebih paham
Hapus#ifdef fog yg di line berapa ?
HapusMas kalo cloud.vertex kan turunan dari sky.vertex, kalo terrain.vertex itu untuk apa?
BalasHapusItu sebenarnya renderchunk, cuma pemanggilannya diubah. Filenya pemanggilnya ada di foleder "nama shader > materials > terrain.material"
HapusBang file yg untuk mengubah water/waving water itu yg mana ya?
BalasHapusfile renderchunk.vertex bro..
HapusMin, mau ngilangin animasi daun sama air gmn ya?
BalasHapusHapus aja kode diatas
Hapus////apply fog
Min,, gimana cara setting sheder agar cahaya dimalam hari bisa diterangin lagi.. soalnya malamnya gelap
BalasHapusAkhirnyaaaaa akuu ngertiii jugaa berkat kauu banggg😭😭
BalasHapusBang Pio , untuk kode noise itu kalo buat sendiri naruh kodenya dimana ya ?
BalasHapus, Mohon penjelasannya🙏
Noise dan hash/rand di taro di atas void main dan aktifasinya di bawah void main.
Hapusup:v
BalasHapussky.fragment kan nama aslinya color.fragment����
bisa diubah di sky.materials.
btw,yok ikut gabung di grup fb:
- Minecraft Indonational
- M.S.E. Official Group(Minecraft Shader Education Official Group)
ikut gabung di 2 grup facebook diatas untuk bisa belajar lebih banyak tentang shader Minecraft.
note:
kalo si pio diamond mau gabung juga,gak apa apa:v
my fb: zensky(ProNoob Coder)
Bang kalau bikin dynamic light/torch menyala saat dipegang di tangan kiri gimana?
BalasHapusiya anjir pusing
HapusKalau buat dynamic light itu pakai behaviour pack
Hapusadakah yg bisa bantu saya,code biar matahari silau itu gimana?
BalasHapusbang tolong jelasin "wpos" dan clamp secara detail. 🙏🙏😀clamp itu untuk membatasi. nah batesinya kek mana maksudnya. kenapa harus dijepit dan apa kegunaan utamanya?????
BalasHapusBang kenapa saat
BalasHapuslangsung saya kasih kode gerak daun kok malah jadi transparant?
Itu salah kodenya bambang, makanya error
HapusThanks Bang Sangat Membantu banget
BalasHapusIya
BalasHapus