Rabu, 25 Maret 2020

Membuat Gerakan pada Air di Minecraft Pocket Edition (PE)

Halo teman-teman,
 Selamat datang di blog PioDiamond.
Gerak Air di Minecraft PE
 Kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana membuat gerak pada air. Untuk penggeraknya sama seperti artikel Membuat Gerakan pada Rumput dan Daun. Yaitu menggunakan variabel TIME karena waktu akan terus bergerak. Nah, dengan variabel TIME ini akan kita gunakan untuk menggerakkan posisi air menggunakan fungsi sin atau cos.



   Langsung saja kita mulai. Jika teman-teman belum memiliki shader original minecraft, silakan download di sini. Kemudian, ekstrak ke Internal Storage > games > com.mojang > resource_packs. Setelah di ekstrak, silakan buka file renderchunk.vertex di folder Internal Storage > games > com.mojang > resource_packs > vanilla > shaders > glsl menggunakan text editor.

  Kemudian cari teks #ifndef BYPASS_PIXEL_SHADER di baris-baris akhir. Di atasnya, kita buat kode baru. 

if( color.b > color. r * 1.1 && color.b>= color.g )
     gl_Position.y += cos( length( abs( POSITION.xyz - 8.0 ) * 10.0  ) + TIME * 4.0 ) * 0.03;

Kode yang telah di tulis ke renderchunk.vertex
   Penjelasannya :

  • color merupakan variabel warna khusus untuk rumput dan air berdasarkan letak biomanya.
  • gl_Position adalah posisi blok yang akan ditampilkan ( Position, menggunakan P kapital )
  • length(x) merupakan fungsi yang mengeluarkan nilai panjang vector.
  • abs(x) merupakan fungsi yang mengeluarkan nilai menjadi bilangan positif
  • POSITION merupakan posisi perblok dengan nilai 0-16 di setiap komponennya.
  • TIME merupakan waktu yang dimulai sejak Game Minecraft dibuka (bukan waktu didunianya).
 Sebenarnya kalian bisa kreasikan sendiri untuk rumus pergerakannya. Yang jelas, gunakan sin atau cos agar blok tidak pindah ke posisi lain dari posisi yang sebenarnya. Kalian bisa tonton video di bawah ini, tetapi jangan gunakan kode yang di video karena ketika pembuatan video, saya masih belum mengerti tentang BLEND di Minecraft PE.


39 komentar:

  1. Saya Masih Inget Tuh Bang,Waktu Abang Pake Code Blend :v

    BalasHapus
  2. Mantep dah Kalo Gini jadi nya kan Ga Usah Pause² video๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dipause, eh kodenya gak bener ๐Ÿ˜…

      Hapus
    2. Bng hasil dari kode gerakan air itu mana yg di artikel

      Hapus
  3. Bang boleh nanya,kalo uji coba shader itu harus masang lewat global resource kah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga sih, prinsipnya sama aja cuman kalo ngga mau ribet y pake global. Cuman ngga tau cuman gua aja apa emng versi minecraftnya, mcpe v1.15 dan 1.16 kalo mau ngeliat perubahan shader ngga bisa lagi kaya dulu, realtime. Sekarang kalo misalnya shader udah diterapin kesuatu world, terus kita edit shadernya ngga akan ada perubahan. Jadi kalo mau ngecek shader harus buat world, kalo udah terus hapus terus buat lagi world baru. Ngga tau ini bug karena gua main di beta atau emng udah aturan sistem baru di mcpe nya.

      Hapus
    2. Bener komen di atas. Cuma saya belum tes edit shader di v1.15++

      Hapus
    3. iya tapi itu karena anda masangnya di world bukan global resources kalo mau berubah tapi map sama setelah shader diedit di salin ke games>com.mojang>minecraft_world>pilih di world yang mana>resource_packs

      Hapus
    4. Gw bisa bisa aja
      Kalo lu mau reedit shader lu buka Minecraft world dulu terus cari resource paks baru lu reedit

      Hapus
  4. Pas mau paste diatas nya tulis "#ifdef" gak?

    BalasHapus
  5. Bang cara fix nether nya bergerak gimana???

    Padahal saya cuma ingin air sama daun bergerak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pke
      bool isNether = FOG_COLOR.r > FOG_COLOR.g && FOG_COLOR.r >= FOG_COLOR.b;

      entar di atas kode air,semisal

      if(isNether==false){
      kode air lu
      }

      bisa juga kyk gini
      if(!(isNether)){
      kode air lu
      }

      btw,,isNether itu cmn variable lu bisa ganti sesuka hati,,dan untuk penjelasan true,false lu cari aja di google,,simple beud soalnya:v


      btw,,gw kurang tau juga untuk detek nether,jadi klo salah,maap nih ye

      Hapus
  6. Bang kalo code air gerak pas didalam air bagaimana?

    BalasHapus
  7. Ini Kalo Temen Saya Bilangnya Kayak Bahasa Alien Pas Saya Tunjukan Code Shaders Saya Dia Bilang "Bahasa Apa Tuh Bahasa Alien" Gitu Temen Ku Bilangnya Wkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  8. Punya ku eror gimana cara fix nya tolong bantuan nya

    BalasHapus
  9. Bang pio. Boleh izin ngambil beberapa resource dari shader kakak gk ?. Atau enggak tolong ajarin buat refleksi air yang kayak di shadernya bang pio

    BalasHapus
  10. Bang kenapa world saya jadi ngebug gk kelihatan semuanya cuman mobnya aja kelihatan

    BalasHapus
  11. Bang World Nya Transparant Kode Nya Yg Error Atau Saya Gak Teliti

    BalasHapus
  12. Bang kalo pake if(color.b>color.r * 1.1 && color.b >= color.g){
    kode goyang
    }
    Akan ada bug diworldnya pas sore hari,yaitu worldnya menjadi ikutan warna air.

    #yt:mcalfa#13

    BalasHapus
  13. sorry yg diatas salah ketik:
    Maksud gw:
    Kalo pake
    if(color.b>color.r * 1.1 && color.b >= color.g){
    Kode goyangan air
    }
    Akan ada bug,yaitu dunia/world kita akan bergoyang dan blok portal ikutan layaknya air.
    Kalo pake BLEND juga ada bugnya.

    BalasHapus
  14. bang tolong dong benerin di biome es ngebug grass block nya jadi ikut goyang

    BalasHapus
  15. Aku cuma mau nanya bg, gimana cara mengambil pergerakan air dari shaders orang lain ?

    BalasHapus
  16. Bang mau tanya cara bikin bawah air ada shadow airnya gimana kayak ESBE shaders

    BalasHapus
  17. Bang bikin tuto yang lain donk

    BalasHapus
  18. Bang itu gimana cara buat double waving waternya soalnya kalau cuma pakai itu saja kode geraknya cuman satu gerakan bukan 2 atau lebih,
    Tapi kebanyakan buat kode air itu di renderchunk.fragment bang.

    BalasHapus
  19. Up:v

    btw,yok ikut gabung di grup fb:
    - Minecraft Indonational
    - M.S.E. Official Group(Minecraft Shader Education Official Group)

    ikut gabung di 2 grup facebook diatas untuk bisa belajar lebih banyak tentang shader Minecraft.

    note:
    kalo si pio diamond mau gabung juga,gak apa apa:v

    my fb: zensky(ProNoob Coder)

    BalasHapus
  20. bang tolong tutorial smoth side shadow bang,tolong bang

    BalasHapus
  21. Fauzi mcpe 0.15.022 April 2021 pukul 11.41

    Nih ada kode efek air
    //
    // caustic effect
    //

    vec4 n = snoise( pos );

    pos -= 0.07*n.xyz;
    n = snoise( pos );

    pos -= 0.07*n.xyz;
    n = snoise( pos );
    Coba ditaroh di yg tadi diatas

    BalasHapus