Selamat datang di blog PioDiamond.
Gerak Air di Minecraft PE |
Langsung saja kita mulai. Jika teman-teman belum memiliki shader original minecraft, silakan download di sini. Kemudian, ekstrak ke Internal Storage > games > com.mojang > resource_packs. Setelah di ekstrak, silakan buka file renderchunk.vertex di folder Internal Storage > games > com.mojang > resource_packs > vanilla > shaders > glsl menggunakan text editor.
Kemudian cari teks #ifndef BYPASS_PIXEL_SHADER di baris-baris akhir. Di atasnya, kita buat kode baru.
if( color.b > color. r * 1.1 && color.b>= color.g )
gl_Position.y += cos( length( abs( POSITION.xyz - 8.0 ) * 10.0 ) + TIME * 4.0 ) * 0.03;
Kode yang telah di tulis ke renderchunk.vertex |
- color merupakan variabel warna khusus untuk rumput dan air berdasarkan letak biomanya.
- gl_Position adalah posisi blok yang akan ditampilkan ( Position, menggunakan P kapital )
- length(x) merupakan fungsi yang mengeluarkan nilai panjang vector.
- abs(x) merupakan fungsi yang mengeluarkan nilai menjadi bilangan positif
- POSITION merupakan posisi perblok dengan nilai 0-16 di setiap komponennya.
- TIME merupakan waktu yang dimulai sejak Game Minecraft dibuka (bukan waktu didunianya).
Saya Masih Inget Tuh Bang,Waktu Abang Pake Code Blend :v
BalasHapusNah iya. Masih nub. Wkwk
HapusBang kenapa kok aku pasang shader vanilla nya kok malah fc
HapusBang belajar nya dari mana??
HapusBanggg kapan upload tutor shader
HapusMantep dah Kalo Gini jadi nya kan Ga Usah Pause² video๐
BalasHapusUdah dipause, eh kodenya gak bener ๐
HapusBng hasil dari kode gerakan air itu mana yg di artikel
HapusBang boleh nanya,kalo uji coba shader itu harus masang lewat global resource kah???
BalasHapusNgga sih, prinsipnya sama aja cuman kalo ngga mau ribet y pake global. Cuman ngga tau cuman gua aja apa emng versi minecraftnya, mcpe v1.15 dan 1.16 kalo mau ngeliat perubahan shader ngga bisa lagi kaya dulu, realtime. Sekarang kalo misalnya shader udah diterapin kesuatu world, terus kita edit shadernya ngga akan ada perubahan. Jadi kalo mau ngecek shader harus buat world, kalo udah terus hapus terus buat lagi world baru. Ngga tau ini bug karena gua main di beta atau emng udah aturan sistem baru di mcpe nya.
HapusBener komen di atas. Cuma saya belum tes edit shader di v1.15++
Hapusiya tapi itu karena anda masangnya di world bukan global resources kalo mau berubah tapi map sama setelah shader diedit di salin ke games>com.mojang>minecraft_world>pilih di world yang mana>resource_packs
HapusGw bisa bisa aja
HapusKalo lu mau reedit shader lu buka Minecraft world dulu terus cari resource paks baru lu reedit
Pas mau paste diatas nya tulis "#ifdef" gak?
BalasHapusBang cara fix nether nya bergerak gimana???
BalasHapusPadahal saya cuma ingin air sama daun bergerak
Bisa pke
Hapusbool isNether = FOG_COLOR.r > FOG_COLOR.g && FOG_COLOR.r >= FOG_COLOR.b;
entar di atas kode air,semisal
if(isNether==false){
kode air lu
}
bisa juga kyk gini
if(!(isNether)){
kode air lu
}
btw,,isNether itu cmn variable lu bisa ganti sesuka hati,,dan untuk penjelasan true,false lu cari aja di google,,simple beud soalnya:v
btw,,gw kurang tau juga untuk detek nether,jadi klo salah,maap nih ye
Bang kalo code air gerak pas didalam air bagaimana?
BalasHapusIni Kalo Temen Saya Bilangnya Kayak Bahasa Alien Pas Saya Tunjukan Code Shaders Saya Dia Bilang "Bahasa Apa Tuh Bahasa Alien" Gitu Temen Ku Bilangnya Wkwkwkwkkwkwk
BalasHapuswkwkwkwkwkwkwkwk
Hapuskenapa saya worldnya jadi transparan ya?
BalasHapusIyh nih aku jga gitu
HapusYa gw juga tu jadi gk jelas๐๐๐
HapusPunya ku eror gimana cara fix nya tolong bantuan nya
BalasHapusBang pio. Boleh izin ngambil beberapa resource dari shader kakak gk ?. Atau enggak tolong ajarin buat refleksi air yang kayak di shadernya bang pio
BalasHapusBang kenapa world saya jadi ngebug gk kelihatan semuanya cuman mobnya aja kelihatan
BalasHapusBang World Nya Transparant Kode Nya Yg Error Atau Saya Gak Teliti
BalasHapusBang kalo pake if(color.b>color.r * 1.1 && color.b >= color.g){
BalasHapuskode goyang
}
Akan ada bug diworldnya pas sore hari,yaitu worldnya menjadi ikutan warna air.
#yt:mcalfa#13
sorry yg diatas salah ketik:
BalasHapusMaksud gw:
Kalo pake
if(color.b>color.r * 1.1 && color.b >= color.g){
Kode goyangan air
}
Akan ada bug,yaitu dunia/world kita akan bergoyang dan blok portal ikutan layaknya air.
Kalo pake BLEND juga ada bugnya.
bang tolong dong benerin di biome es ngebug grass block nya jadi ikut goyang
BalasHapusAku cuma mau nanya bg, gimana cara mengambil pergerakan air dari shaders orang lain ?
BalasHapusBang mau tanya cara bikin bawah air ada shadow airnya gimana kayak ESBE shaders
BalasHapusBang bikin tuto yang lain donk
BalasHapusBang, masih update
BalasHapusBang itu gimana cara buat double waving waternya soalnya kalau cuma pakai itu saja kode geraknya cuman satu gerakan bukan 2 atau lebih,
BalasHapusTapi kebanyakan buat kode air itu di renderchunk.fragment bang.
Up:v
BalasHapusbtw,yok ikut gabung di grup fb:
- Minecraft Indonational
- M.S.E. Official Group(Minecraft Shader Education Official Group)
ikut gabung di 2 grup facebook diatas untuk bisa belajar lebih banyak tentang shader Minecraft.
note:
kalo si pio diamond mau gabung juga,gak apa apa:v
my fb: zensky(ProNoob Coder)
grup M.S.E msih ad gk bg?
HapusSusah mbuat shader sendiri:(
BalasHapusbang tolong tutorial smoth side shadow bang,tolong bang
BalasHapusNih ada kode efek air
BalasHapus//
// caustic effect
//
vec4 n = snoise( pos );
pos -= 0.07*n.xyz;
n = snoise( pos );
pos -= 0.07*n.xyz;
n = snoise( pos );
Coba ditaroh di yg tadi diatas